ASI untuk bayiku

29 Mar

Pemberian ASI

ASI adalah satu-satunya minuman yang boleh dikonsumsi bayi baru lahir.

Dan ASI adalah yang terbaik bagi bayi karena ASI mengandung zat gizi yang berkualitas dan kuantitasnya berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi baru lahir.

ASI diberikan tidak sesuai jadwal akan tetapi diberikan sesuai keinginan bayi (on demand), sesuai keinginan ibu (jika ASI membendung), dan sesuai kebutuhan bayi (setiap 2-3/4 jam).

Bayi yang sehat dapat mengosongkan payudara sekitar 5-7 menit dan ASI dalam lambung akan kosong dalam 2 jam. Pergantian pemberian harus benar-benar kosong baru digantikan dengan payudara yang sebelahnya.

ASI eksklusif (menurut WHO) yaitu pemberian ASI saja pada bayi sampai usia 6 bulan tanpa tambahan cairan ataupun makanan lain. ASI diberikan hingga usia bayi mencapai 2th dengan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI).

Pada hari-hari pertama kelahiran, apabila penghisapan susu cukup adekuat meka akan dihasilkan secara bertahap 10- 100 cc ASI. Produksi ASI akan optimal setelah hari ke 10-14 usia bayi. Bayi sehat akan mengkonsumsi ASI 700-800 cc ASI/ hari. Produksi ASI mulai menurun (500-700 cc) setelah 6 bulan pertama dan menjadi 400-600 cc pada 6 bulan kedua.

Produksi ASI akan menjadi 300-500 cc pada tahun kedua usia anak. (JNPK-KR,2007).

Inisiasi menyusu dini (IMD) dilakukan segera setelah bayi lahir, setelah tali pusat dipotong dan ditelungkupkan diatas perut ibu kemudian diselimuti, biarkan bayi mencari puting susu ibu,minimal selm 1 jam sampai berhasil menyusu pada ibu, sehingga hal ini dapat nerangsang produksi ASI, memperkuat reflek menghisap bayi.

 

Keuntungan –keuntungan ASI:

  1. Keuntungan bagi bayi
  2. Sumber zat gizi berkuantitas dan berkualitas yang dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi termasuk kecerdasan bayi
  3. Sebagai rangsangan sistem kekebalan tubuh bayi terhadap infeksi
  4. ASI memudahkan kerja pencernaan
  5. ASI mengandung banyak kadar selenium yang melindungi gigi dari kerusakan
  6. Pemberian ASI membentuk emosi positif pada bayi
  7. Pemberian ASI membentuk keterikatan emosional ibu dan anak sebagai kekebalan pasif (kolostrum)
  8. Menyusui akan melatih daya hisap yang baik sehingga mengurangi maloklusi dan membentuk otot pipi yang baik
  9. Keuntunga bagi ibu
  10. Membantu mempercepat pengembalian uterus ke bentuk semula dan mengurangi perdarahan. Karena hsapan bayi pada payudara merangsang hipopise untuk menghasilkan oksitoksin, yang merangsang produksi ASI dan kontraksi uterus
  11. Sebagi diet efektif bagi ibu yang menyusui
  12. Mengurangi resiko kejadian kanker payudara dan kenker rahim.
  13. Pemberian ASI sangat efektif dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
  14. Memperkuat ikatan batin ibu dan anak
  15. Pemberian ASI sangat ekonomis karena mengurangi pengeluaran pembelanjaan keluarga
  16. Keuntungan bagi negara
  17. Menurunkan angka kesakitan dan kematian anak
  18. Mengurangi subsidi untuk rumah sakit
  19. Mengurangi devisa untuk membeli susu formula
  20. Meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa

Asi dibedakan dalam 3 stadium :

  1. Kolostrum

Kolostrum adalah air susu yang disekresi leh kelenjar payudara pada hari pertama sampai hari ke empat pasca persalinan. Kolostrum merupakan cairan dengan viskositas kental, lengket dan berwarna kekuning – kuningan. Kolostrum mengandung tinggi proein, mineral, garam, vitamin A, nitrogen, sel darah putih dan anti bodi yang tinggi dari pada ASI matur. Selain itu, kolostrum masih mengandung rendah lemak dan laktosa. Protein utama pada kolostrum adalah imunoglobulin (igG, igA dan igM), yang digunakan sebagai zat antibodi untuk mencegah dn menetralisir bakteri, virus, jamur dan parasit.

Volume kolostru yang ada dalam payudara mendekati kapasitas lambung bayi yang berusia 1-2 hari,yaitu 150-300 ml/24 jam.

Kolostrum juga merupakan pencahar ideal untuk membersihkan zat yang tidak terpakai dari usus bayi yang baru lahir dan mempersiapkan pencernaan bagi bayi untuk makanan mendatang.

  1. ASI transisi atau persalinan

ASI persalinan adalah ASI yang kelur setelah kolostrum sampai sebelum ASI matang, yaitu sejak hari ke-4 sampai hari ke-10. Selama 2 minggu, volume air susu bertambah banyak dan berubah warna serta komposisinya. Kadar imunoglobin dan protein menurun, sedangkan lemak dan laktosa meningkat.

  1. ASI matur

ASI matur disekresi pada hari kesepuluh dan seterusnya. ASI matur tampak berwarna putih. Kendungan AsI matur relatif konstan, tidak menggumpal bila dipanaskan.

Asi susu yang mengalir pertama kali atau saat lima menit pertama disebut foremik. Foremik lebih encer. Foremik mempunyai kandungan rendah lemak dan tinggi laktosa, gula, protein, mineral dan air.

Selanjutnya, air susu berubah menjadi hindmilk. Hindmilk kaya akan lemak dan nutrisi. Hindmilk akan membuat bayi lebih cepat kenyang. Dengan demikian bayi akan lebih membutuhkan keduanya, foremik dan hindmilk.

Perbedaan komposisi antara kolostrum, ASI transisi dan ASI matur.

Kandungan

Kolostrum

Transisi

Asi matur

Energi (kgkal) 57,0 63,0 65,0
Laktosa (gr/100 ml) 6,5 6,7 7,0
Lemak (gr/100 ml) 2,9 3,6 3,8
Protein (gr/100 ml) 1,195 0,965 1,324
Mineral (gr/100 ml) 0,3 0,3 0,2
Immunoglubin :      
Ig A (mg/100 ml) 335,9 119,6
Ig G (mg/100 ml) 5,9 2,9
Ig M (mg/100 ml) 17,1 2,9
Lisosin (mg/100 ml) 14,2-16,4 24,3-27,5
laktoferin 420-520 250-270

 

Komponen-komponen ASI

  1. Lemak

Lemak mudah diserap oleh bayi karen enzim lipase yang terdapat dalam sisem pencenaan bayi dan ASI akan mengurai Trigliserida menjadi Gliserol dan asam lemak. Keunggulan lemak ASI mengandung asam lemak esensial yaitu Docosahexaenoic Acid (DHA) Arachionoic Acid (AA) berguna untuk pertumbuhan otak. Kadar kolesterol dalam ASI lebih tinggi karena untuk merangsang enzim protektif yang membuat metbolisme kolesterol menjadi efisien.

  1. Karbohidrat

Karbohirat utama dalam ASI adalah laktose dengan kadar 7 gram%. Laktose mudah terurai menjadi glukose dan galaktose oleh enzim laktose yang terdapat dalam mukosa larutan pencernaan bayi sejak lahir.

  1. Protein

Protein dalam susu adalah kasein dan whey kadarnya 0,9 %. Selain itu terdapat dua macam asam amino yaitu sistin dan taurin. Sistin diperlukan untuk pertumbuhan somatik sedangkan taurin untuk pertumbuhan otak.

  1. Garam dan mineral-mineral
    1. Zat besi

Jumlah zat besi dalam ASI termasuk sedikit tetapi mudah diserap. Zat besi bersal dari persediaan zat besi sejak bayi lahir, dari pemecahan sel darah merah dan dari zat besi yang terkandung dalam ASI. Dengan ASI bayi jarang kekurangan zat besi.

  1. Seng

Seng diperlukan dalam pertumbuhan perkembangan dan imunitas, juga diperlukan untuk mencegah penyakit akrodermatitis enteropatika (penyakit kulit dan sitim pencernaan).

  1. Vitamin
    1. Vitamin K (sebagai katalisatorpada proses pembekuan darah)
    2. Vitamin E (terkandung banyak dalam kolostrum)
    3. Vitamin D (untuk pembentukan tulang dan gigi)
    4. Zat protektif
      1. Imunoglobulin

Semua jenis imunoglobulin terkandung dalam ASI;(igA, igG, IgM, IgD dan IgE) yang berguna untuk imunitas terhadap penyakit.

  1. Lisosim

Enzim lisosim dalam ASI berfungsi untuk memeca dinding bakteri dan antiinflamasi.

  1. Laktoperoksidase

Enzim ini beserta dengan peroksidase hidrogen dn ion tiroksinat membantu membunuh streptokokus.

  1. Lactobasilus bifidus

Lactobasilus bifidus berfungsi mengubah laktose menjadi asam laktat dan asam asetat, menjadikan saluran pencernaan bersifat asam sehingga menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen.

  1. Lactoferin dan trasferin

Kedua zat ini merupakan peotein dalam ASI yang berfungsi menghambat pertumbuhan steptokokus dan E.koli, dengan cara menikat zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya sehingga kuman tersebut tidak mendapatkan zat besi.

  1. Komplemen C3 dan C4

Komplemen C3 dan C4 berguna sebagai faktor pertahanan.

  1. Sel makrofag

Sel makrofag berfungsi membunuh kiman dan membentuk kimplemen C3 dan C4 lisosim serta lactoferin.

  1. Lipase (zat anti virus)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: